SITI FATIMAH BINTI MAIMUN

Menurut data sejarah,Salah satu penyebar agama Islam yang pertama di Pulau Jawa ternyata adalah seorang wanita,Desa Leran Kecamatan Manyar di tepi jalan Daendeles (jalan pantai utara jawa) 7 km dari sebelah barat laut Aloon-aloon Kota Gresik, adalah pesisir utara Pulau Jawa yang pertama tempat bermukimnya para perantauan dari Cina terbukti adanya sisa-sisa kehidupan Bandar abad 10-15 m dengan sebuah situs pasucian.

Di Desa ini terletak Makam “SITI FATIMAH BINTI MAIMUN”, yang menurut data archeologi merupakan Makam Islam tertua di Asia Tenggara. Bentuk Makamnya sangat unik, karena berbentuk Cungkup yang dinding dan atapnya semua terbuat dari batu putih kuno.

Tokoh ini dikenal pula dengan sebutan: “PUTRI RETNO SUWARI” Putri dari Sultan Machmud Syah Alam dari Negeri Kamboja yang dengan ikhlas menyediakan dirinya sebagai wanita persembahan untuk mengislamkan Raja Mojopahit yang beragama Hindu,ada pula yang mengatakan Beliau puteri dari Sayyid Maimun Sultan Kedah Malaka (Malaysia) yang bergelar Sultan Mahmud Mahdad Alim,entah mana yang benar,Wallahu ‘alam ( hanya Allah yang tahu ). Kalaupun arsitektur Cungkup Makam beliau mirip dengan bentuk Candi, konon ceritanya Cungkup tersebut memang dibangun oleh Raja Mojopahit untuk menebus perlakuannya yang kurang bersahabat terhadap utusan Raja Kamboja yang ternyata bermaksud baik.

Di Desa itu pula terdapat Masjid yang pertama didirikan oleh Malik Ibrahim sebagai pusat Syiar Islam dengan keistimewaan adanya kolam tempat berwudhu yang dinamakan “PESUCINAN”, yang sampai sekarang masih dipercaya sebagian orang airnya bias menyembuhkan berbagai macam penyakit.
. Bila Anda berkunjung ke Gresik dapat menjumpai makam beliau yang terletak di Desa Leran Kecamatan Manyar kira-kira sejauh 5 km arah barat kota Gresiksangat mudah di jangkau dengan dengan transportasi umum. Nama lengkap beliau adalah Fatimah binti Maimun Dewi Ratna Swari. . Menurut catatan sejarah Fatimah binti Maimun wafat pada tahun 1082 Masehi ,Adapun Haul Makam Leran jatuh pada tanggal 15 Syawal.. Beliau termasuk seorang wanita yang mempunyai kemauan dakwah Islamiyah yang sangat kuat.dan Siapakah Fatimah binti Maimun itu sebenarnya ?
Inilah silsilah Fatimah binti Maimun :

Sayyidina Ali bin Abi Thalib
Sayyid Al Imam Husain
Sayyid Al Imam Zainal Abidin
Sayyid Muhammad Al Bakir
Sayyid Al Imam Ja’far Shodiq
Sayyid Ali Al ‘Uroidli
Sayyid Sulaiman Al Bishri
Sayyid Abu Yazid Al Bishri
Sayyid Ahmad Al Baruni
Sayyid Idris Al Malik
Sayyid Muqoddam Shiddiq
Sayyid Hibbatullah
Sayyid Maimun
Fatimah binti Maimun

Jadi Fatimah binti Maimun silsilah nasabnya ke atas sampai kepada Fatimah binti Rasulullah SAW. Fatimah binti Rasulullah SAW adalah isteri Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Karena itu Fatimah binti Maimun Dewi Ratna Swari termasuk Ahlil Bait Rasulullah SAW.Maka sangat ironis sekali apabila makam seorang auliya’ hanya digunakan sebagai tempat wisata.!

ini merupakan komplek pemakaman Fatimah Binti Maimun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: